Apa hiu kecilmu?




Pernah dengar cerita nelayan Jepang yang menangkap ikan salmon?
Pada menu ikan masakan Jepang, ikan salmon akan lebih enak untuk dinikmati jika ikan tersebut masih dalam keadaan hidup, saat hendak diolah untuk disajikan. Jauh lebih nikmat dibandingkan dengan ikan salmon yang sudah diawetkan dengan es.

Itu sebabnya para nelayan Jepang selalu memasukkan salmon tangkapannya ke suatu kolam buatan agar dalam perjalanan menuju daratan, salmon-salmon tersebut tetap hidup.
 
Meski demikian pada kenyataannya, banyak salmon yang mati di dalam kolam buatan. Lalu bagaimana cara nelayan Jepang menyiasatinya?

Para nelayan itu memasukkan seekor HIU KECIL di dalam kolam buatannya.
Apa yang terjadi? Hiu kecil  MEMAKSA salmon-salmon itu terus bergerak agar jangan sampai dimangsa si hiu kecil.

Dan justru banyak ikan salmon yang tetap hidup dan  jumlah salmon yang mati justru berkurang.

Hal yang sama terjadi juga pada manusia. Ketika kita berada dalam zona nyaman, kita perlahan mati. Secara fisik memang masih ada. Tetapi dalam olah pikir kita hanya menjadi zombie-zombie saja.

Manusia harus tetap bergerak. Bukan diam dan merasa nyaman. Dan masalah-masalah, tekanan hidup, tekanan kerjalah yang memaksa kita bergerak.

Saat masalah datang, secara otomatis naluri kita membuat kita bergerak aktif dan berusaha mengatasi semua. Polpolan abeees... sampai titik keringat terakhir (karena tetes darah terakhir terkesan terlalu horor 😱).

Kita dipaksa lebih kreatif. Para pekerja yang akrab deangan deadline pasti paham sekali bagaimana otak menjadi lebih encer di detik-detik terakhir menjelang deadline. Otak sepertinya bisa berkembang luar biasa sampe kluar-kluar dari lubang idung, lubang telinga, lubang mataa... (halah jadi horor lagi).

Iya siih... belajar dari pengalaman orang lain terkadang dapat juga diterapkan. Tapi haqqul yaqiin... rasanya ga akan se maknyuuss belajar dari kegagalan diri sendiri. 😧

Setiap kita memiliki hiu-hiu kecilnya sendiri. Yang memaksa kita tetap bergerak, tetap survive, tetap berangkat walaupun kepala penat. 😬

Lalu,
Apa hiu kecilmu?
🐟🐋💦 🐟🐋💦

Comments

Popular posts from this blog

Insecure

Cara mengoles racun kodok di mata panah 😫

Waktu Bunda kecil emang dipanggilnya bukan bunda?