Berubah itu nyesek!




Perubahan itu menyakitkan. Kalo ga sakit banget, paling ngga, nyesek gitu deh.

Banyak asbab terjadinya perubahan. Perubahan terjadi karena memang pikiran kita terbuka untuk itu. Kita berpikir kita harus lebih baik, dan karenanya berpikir tentang apa yang sebelumnya tidak ada menjadi penting.

Atau perubahan terjadi karena sudah ada hati yang tersakiti. Ceileeh…

Bisa juga karena keduanya.

Siapa yang tidak kenal Nokia, perusahaan seluler yang sedemikian ajegnya. Paling tidak satu decade lalu, ketika seseorang ingin memiliki handphone, pasti merk ini yang dipilihnya. Tidak ada yang meragukan fungsi yang ditawarkannya.

Tapi lantas tawaran mutu ini tidak lagi cukup. Tampilan yang elegan dan merk yang menjual perlahan karam dengan munculnya berbagai merk telepon seluler lain. Apakah Nokia sebegitu buruknya? Menurut saya bukan itu.

Perubahan yang dilakukannya terlambat. Nokia yang dimotori orang-orang ‘tua’ di Jepang sana terlambat mengikuti perkembangan permintaan pengguna. Pun ketika akhirnya menyadari ini, produksi Korea dan China sudah terlanjur menguasai pasarnya.

Perubahan pendapatan yang pasti membuat sakit hati juga dialami pengemudi taksi regular. Bersaing dengan layanan transportasi online yang semakin jaya karena kepuasan pelanggan dapat diakses mudah di social media. Pelayanan dari pengemudi online juga terjaga. Mungkin karena mereka paham berapa banyak saingan mereka. Maka kredibilitas pun harus jadi pilihan utama.

Grab car yang bersih, wangi, tissue penuh menul-menul di tempatnya, dan pasti tidak ada kecoa yang mengintip tiba-tiba.

Atau pengemudi gojek yang berusaha memodifikasi motornya sedemikian rupa agar penumpang dapat men-charge gratis handphone selama dalam perjalanan. Plastik kecil berisi tissue dan beberapa permen, juga kehebatan mereka untuk tepat sampai tujuan tanpa ucapan, “tolong diarahkan ya, Bu”.

Pelayanan yang sebenarnya biasa saja. Tidak berlebihan juga.

Apakah taksi regular tidak mampu?

Anda bias cek berapa laba bersih yang dihasilkan perusahaan taksi regular ini setiap tahunnya. Tidak sedikit. Dan pasti cukup untuk melakukan hal yang paling tidak sama.

Lagi-lagi. Perubahan, inovasi, keluar dari zona nyaman atau apalah istilahnya adalah suatu kebutuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Insecure

Cara mengoles racun kodok di mata panah 😫

#maslepasseragam