The Day 3 : Melontar Jumroh




Salah jadwal juga terjadi ketika melontar jumroh.
Berangkat bersama2 teman satu rombongan menuju Mina itu demikian memacu semangat. Apalagi melewati barisan tenda putih beralas karpet tebal di dalamnya. Melewati bukit-bukit batu yang sambung -menyambung. Subhanallah... ga bisa merasakan yang lain, selain bersyukur dan seneeng...

Bu Makbulah, salah satu kerabat yang berpengalaman, mengajak kami melontar di lantai bawah saja. Ga udah naik fly over. Tahun itu tempat melontar belum dibangun seperti sekarang yang berlantai 5.

Bagaimana kami tau kami salah jadwal??? Karena banyak banget bule dan pakle. Eh... bukan, maksudnya bule2 yang dari Amerika dan Eropa sono tuuh... Rasnya namanya apa ya.. (nyesel deh dulu ga belajar bener2 nama2 ras).
Rasanya tuh... Hhaaahhh... (bayangin saya nganga dan mata menatap tak percaya).

Gimana bisa saya yang liliput ini masuk ke lautan manusia itu. Ngga usah bayangin ngelontarnya. Jalannya ajah bingung.

Bu Mak bilang,"Bismillah, insya Allah bisa. Ayo!"
Huhu... saya masih nganga.

"Lindungilah kami di tanah para nabi dan rasulMu, duhai Rabb", doa saya. Dan baca sholawat yang banyaak. Ga putus-putus.

Percobaan pertama, kami berbaris dan masing2 peluk pinggang yg depannya. Bu Mak di depan. 

Mencoba menembus, tapi ga bisa. Balik lagi keluar.

Oh ya, rombongan kami terpecah2 jadi bbrp kelompok kecil. Kelompok saya berlima.

Percobaan kedua, Fadli, anak Bu Mak, di depan. Mencoba menembus, tapi ga bisa juga. Balik lagi keluar.

Percobaan entah keberapa... "Patiyah depan ya?" , kata Bu Mak. Huhu...
Saya depan, Bu Mak di belakang saya, 3 lagi di belakang beliau.
Mencoba masuk....


Lumayan, mungkin krn liliput, jadi bisa nyelip. Tapi.... konsentrasi saya buyar dan saya berhenti ketika 5 meter di sebelah kiri kami, rombongan Indonesia yang bentuknya ularnaga macam kami juga, jatuh, sepertinya terinjak2.
Saya keburu merem dan belok ke kanan, muter balik lagi keluar. Ga sanggup liatnya.


Sempet istirahat lumayan lama... karena deg2an bareng. Sampe akhirnya, Bu Mak ngajak untuk coba lagi.
Saya di depan lagi.

Baru bbrp meter mencoba masuk, saya lihat bapak-bapak bule pakai ikat pinggang ijo yang besar itu.
Bapak bule ini guedhe banget. Tinggi saya itu palingan sepinggang beliau.

Trus, pas di belakang bapak bule ini, saya towel tangannya, "mister...mister...may I??", sambil kedua tangan saya nyantel di iket pinggang ijo itu. 

Jangan mikir macem2 ya.
Duh susahnya nembus lautan manusia itu.

Bapak bule nengok, mandang ke bawah (sumpe jauh dah muka gw ma muka dia), trus dia manggut2, "yes..yes" , gitu katanya.
Jadilah, barisan ulernaga panjangnya ini dipimpin bapak bule. Dan lancar jaya sampe depan.

Alhamdulillaah...
Makasih bapak bule.

Comments

Popular posts from this blog

Insecure

Cara mengoles racun kodok di mata panah 😫

#maslepasseragam